PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI ERA DIGITAL DI SMKN 1 BOJONEGORO

DIANAWATI, DANI (2025) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI ERA DIGITAL DI SMKN 1 BOJONEGORO. Other thesis, UPGRIS Banyuwangi.

[img] Text
DANI DIANAWATI_21210005 - Dani Dianawati-1-27.pdf

Download (970kB)
Official URL: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet

Abstract

Dani Dianawati (21210005). Pengaruh Keterlibatan Orang tua Dan Literasi Keuangan Digital Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Di Era Digital Di SMKN 1 Bojonegoro. Skripsi, program studi pendidikan ekonomi, IKIP PGRI BOJONEGORO, Pembimbing (I) Nur Rohman, M.Pd. Dan Pembimbing (II) Ali Mujahidin, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Keterlibatan Orang Tua, Literasi Keuangan Digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keterlibatan orang tua dan literasi keuangan digital terhadap prestasi belajar Siswa di era digital di SMKN 1 Bojonegoro baik secara parsial maupun secara simultan. Parsial untuk mengetahui adakah pengaruh keterlibatan orang tua dan literasi keuangan digital terhadap prestasi belajar. Sedangkan simultan untuk mengetahui secara besar pengaruh keterlibatan orang tua dan literasi keuangan digital terhadap prestasi belajar Siswa. Latar belakang penelitian berangkat dari permasalahan rendahnya prestasi belajar siswa dalam menerima materi, yang meliputi gaya belajar, tingkat kecerdasan, bakat dan minat kondisi fisik dan psikologi di era moderenisasiMetode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Jumlah populasi penelitian ini adalah sebanyak 546 siswa, dan sampel penelitian sebanyak 84 siswa. Analisis data menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat literasi keuangan digital siswa, semakin baik pula prestasi belajar yang mereka raih. Upaya dari penelitian ini adalah pentingnya peningkatan program literasi keuangan digital di sekolah untuk membekali siswa dengan keterampilan yang relevan dalam mengelola keuangan di era digital, yang pada gilirannya dapat mendukung peningkatan prestasi belajar Siswa di era digital di SMKN 1 Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 31 Jul 2025 06:58
Last Modified: 31 Jul 2025 06:58
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2869

Actions (login required)

View Item View Item