Lazim, Ahmad (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR INFORMATIKA PADA POKOK PEMBAHASAN MENINGKATKAN KEAMANAN INFORMASI DI KELAS IX SMP ISLAM TERPADU NGASEM KABUPATEN BOJONEGORO. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
AHMAD LAZIM 21210002 - Ahmad Lazim-1-28.pdf Download (869kB) |
Abstract
Ahmad Lazim. 2025. Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning berbantu Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Informatika pada Pokok Bahasan Meningkatkan Keamanan Informasi di Kelas IX SMP Islam Terpadu Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Fruri Stefani, M.Pd. (II) Drs. Sujiran, M.Pd. Penelitian ini mengkaji implementasi model discovery learning berbantu Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Informatika pada Pokok Bahasan Meningkatkan Keamanan Informasi di Kelas IX SMP Islam Terpadu Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa, yang bersumber dari keterlibatan pasif dalam pembelajaran serta rendahnya keterampilan dan kemampuan kognitif. Faktor internal yang berkontribusi meliputi gaya belajar, tingkat kecerdasan, bakat dan minat, kondisi fisik dan psikologis, dan kecepatan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar siswa kelas IX melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning yang dilengkapi dengan video pembelajaran menggunakan aplikasi Canva pada mata pelajaran Informatika. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus terhadap 36 siswa kelas IX dengan fokus pada materi “Meningkatkan Keamanan Informasi”. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada rata-rata nilai kelas, yaitu dari 61,8 (hasil pretest) menjadi 71,3 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 82,1 pada siklus II. Selain itu, tingkat ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 25% menjadi 86,10% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tersebut efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, terutama pada aspek menganalisis dan mengevaluasi. Penelitian menyimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Discovery learning berbantu video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva dapat meningkatkan prestasi belajar informatika pada pokok pembahasan meningkatkan keamanan informasi di Kelas IX SMP Islam Terpadu Ngasem, dengan rekomendasi pengembangan profesional guru dan integrasi nilai keislaman dalam pembelajaran. Kata Kunci: Discovery learning, Prestasi Belajar, Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah Islam Terpadu, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:33 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 03:33 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |