PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF CERITA FIKSI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BERBANTUAN WEBSITE LUMIO BY SMART

Oktaviani, Nisva Rizky (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF CERITA FIKSI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BERBANTUAN WEBSITE LUMIO BY SMART. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
NISVA RIZKY OKTAVIANI_21110077 - Nisva Rizky Oktaviani-1-28.pdf

Download (996kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Oktaviani, N. R. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Cerita Fiksi Bermuatan Kearifan Lokal Berbantuan website Lumio By Smart. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing I Muhamad Sholehhudin, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Drs. Syahrul Udin, M.Pd. Kata kunci— Cerita Fiksi, Bahan Ajar Interaktif, Kearifan Lokal, Lumio By Smart. Abstrak— Penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif cerita fiksi bermuatan kearifan lokal dengan bantuan website Lumio By Smart. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan produk pembelajaran yang dapat digunakan secara efektif dalam proses belajar mengajar Bahasa Indonesia di tingkat SMP. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menggali kebutuhan siswa dan guru. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap desain, penyusunan flowchart dan storyboard dilakukan untuk menggambarkan alur dan visualisasi bahan ajar. Tahap pengembangan melibatkan validasi dari ahli materi dan ahli media, dengan hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 74% dari ahli materi dan 90% dari ahli media. Setelah direvisi berdasarkan masukan dari para ahli, bahan ajar diimplementasikan melalui uji coba kepada siswa. Evaluasi dilakukan untuk mengukur kualitas dan efektivitas bahan ajar. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi cerita fiksi bermuatan kearifan lokal, sebagaimana terlihat dari peningkatan skor post-test. Dengan demikian, bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Aug 2025 04:01
Last Modified: 01 Aug 2025 04:01
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item View Item