IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QUIZ TEAM DALAM KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Studi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem)

MARIATI, OCTAVIA DWI (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN QUIZ TEAM DALAM KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Studi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem). Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
OCTAVIA DWI MARIATI _21220027 - Octavia Maya-1-26.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Implementasi Pembelajaran Quiz Team Dalam Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila (Studi Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Kedungadem). Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing I Neneng Rika. J.K,S.Pd.,M.H, Pembimbing II Fifi Zuhriah, M.Pd. Kata Kunci : Quiz Team, Keaktifan Siswa, Pendidikan Pancasila Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran Quiz Team dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang kerap dianggap membosankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Quiz Team mampu meningkatkan keaktifan siswa secara signifikan. Siswa menjadi lebih antusias, berani bertanya, menyampaikan pendapat, serta aktif dalam kerja sama kelompok. Metode ini juga menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan kompetitif, sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, metode ini memberikan ruang bagi siswa untuk berpikir kritis, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan menanamkan nilai-nilai Pancasila secara kontekstual. Berdasarkan temuan ini, metode Quiz Team direkomendasikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Aug 2025 07:25
Last Modified: 01 Aug 2025 07:25
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2878

Actions (login required)

View Item View Item