PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA

RHIZQI, RHEFINA CHAHYANI (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
RHEFINA CHAHYANI RHIZQI-21310022-3 - Rhefina Chahyani Rhizqi-1-25.pdf

Download (794kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Rhizqi, Rhefina Chahyani. (2025) “Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Statistika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Ari Indriani, S.Pd., M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Puput Suriyah, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Kahoot, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan karena siswa pasif dan menunjukkan motivasi belajar yang rendah karena guru hanya menggunakan model konvensional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan media pembelajaran kahoot dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan yaitu: 1. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh media pembelajaran kahoot terhadap prestasi belajar siswa pada materi statistika. 2. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada materi statistika. 3. Untuk mengetahui signifikansi interaksi antara media pembelajaran kahoot dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada materi statistika. Penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Adapun populasinya yaitu seluruh kelas VIII MTsN 2 Bojonegoro. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cluster random sampling. Untuk kelas Eksperimen yaitu VIII-B dan kelas kontrol VIII-C. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket, tes, dan observasi. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Uji prasyarat UTS semester genap yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan. Adapun perhitungan uji hipotesis yaitu menggunakan ANOVA dua jalan dengan sel tak sama dan dilanjutkan dengan uji lanjut scheffe. Hasil perhitungan uji hipotesis (1) nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,014, yang berarti lebih kecil dari 0,05. (2) menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,03 yang artinya lebih kecil dari 0,05. (3) menunjukkan nilai signifikansi 0,021 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Selanjutnya uji lanjut scheffe (1) rata-rata marginal media kahoot 79,7 dan metode konvensional 75,3 (2) menunjukkan perbedaan yang signifikan, yaitu rerata motivasi tinggi 83, rerata motivasi sedang 77,5 dan rerata rendah 70,5. (3) kelompok dengan media kahoot dan motivasi tinggi lebih unggul secara signifikan yaitu dengan perolehan nilai 89 dibandingkan semua kombinasi lainnya. Kesimpulannya (1) Media pembelajaran kahoot berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. (2) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. (3) terdapat interaksi secara signifikan antara media pembelajaran kahoot dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:46
Last Modified: 04 Aug 2025 02:46
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2882

Actions (login required)

View Item View Item