Putri, Sintya Meiriska (2025) ANALISIS PSIKOLOGI DAN NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL TANAH BANGSAWAN KARYA FILIANANUR. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SINTYA MEIRISKA PUTRI-21110085. - SINTYA MEIRIS KA-1-26.pdf Download (368kB) |
Abstract
Putri, S. M. (2025). Analisis Psikologi dan Nilai Pendidikan pada Novel Tanah Bangsawan Karya Filiananur. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. (1) Abdul Ghoni Asror, M.Pd. (2) Dr. Moh Fuadul Matin, M.Pd Kata kunci—Psikologi, Nilai Pendidikan, Novel Tanah Bangsawan Dalam suatu karya sastra khususnya novel pasti memuat segi keindahan namun tidak hanya itu novel juga memuat unsur dan nilai-nilai tertentu, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis psikologi dan nilai pendidikan pada novel Tanah Bangsawan karya Filiananur. Novel ini menceritakan masa penjajahan di Hindia-Belanda pada tahun 1798 yang memuat berbagai konflik dan dinamika kehidupan. Penelitian ini menggunakan teori psikologi Abraham Maslow dan teori nilai pendidikan Ki Hadjar Dewantara, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik baca dan catat. Teknik baca dilakukan dengan cara membaca novel secara berulang sedangkan teknik catat dilakukan dengan cara mencatat kutipan yang relevan dengan psikologi dan nilai pendidikan. Pendekatan yang digunakan yakni psikologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat temuan-temuan psikologi berdasarkan teori Abraham maslow, antara lain yakni; kebutuhan fisiologis memiliki 39 data, kebutuhan rasa aman 41 data, kebutuhan sosial 22 data, kebutuhan penghargaan diri 16 data dan kebutuhan aktualisasi diri 3 data. Sedangkan nilai Pendidikan berdasarkan teori Ki Hadjar Dewantara, antara lain yakni; nilai religius memiliki 7 data, nilai moral 16 data, nilai sosial 25 data dan nilai budaya 13 data. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kajian sastra, serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:29 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:29 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |