AZIZAH, SITI NUR (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESEBANGUNAN. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SKRIPSI AZIZAH - Siti Nur Azizah-1-28.pdf Download (967kB) |
Abstract
Azizah, Siti Nur. (2025). ”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesebangunan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) Dr. Junarti, M.Pd. dan (2) Anis Umi Khoirotunnisa’, M.Pd. Kata kunci: STAD, Video Animasi, Hasil Belajar, Kesebangunan, Pembelajaran Kooperatif Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi kesebangunan akibat dominasi metode ceramah dan minimnya media pembelajaran interaktif yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengukur hasil belajar siswa pada materi kesebangunan sebelum dan sesudah memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video animasi, 2) Menguji penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video animasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi kesebangunan, 3) Kelayakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video animasi terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif pra-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Soko tahun pelajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini adalah kelas IX D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengambilan data dengan menggunakan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes hasil belajar matematika siswa berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang sebelumnya telah di validasi 3 ahli, dan telah di validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t (Paired Sample T-Test) dan uji normalitas sebagai uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum perlakuan sebesar 50,31 yang berada di bawah KKM dan setelah diterapkan model pembelajaran STAD berbantuan video animasi, rata-rata meningkat menjadi 79,84, yang berarti telah melebihi KKM. Dari hasil perhitungan hipotesis menunjukkan nilai. Karena
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:00 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:00 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |