PRIHANTINI, IKA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI BISNIS POKOK BAHASAN LEMBAGA KEUANGAN DI INDONESIA KELAS X AKUTANSI SMK NEGERI 1 CEPU. Other thesis, Universitas Islam Riau.
![]() |
Text
SKRIPSI IKA PRIHANTINI 21210014 PRODI P.EKONOMI - ika prihantini-1-22.pdf Download (554kB) |
Abstract
Prihantini, Ika. (2025).” Pengaruh Model Pembelajaran Game-Based Learning Berbantu Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Pokok Bahasan Lembaga Keuangan di Indonesia Kelas X Akutansi SMK Negeri 1 Cepu.”. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing 1 Dr. Fruri Stevani, M.Pd, Pembimbing 2 Drs. Sujiran, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Game-Based Learning didukung media permainan monopoli terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X Akuntansi 3 di SMK Negeri 1 Cepu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pretest-posttest. Evaluasi efektivitas dilakukan melalui pengujian yang dianalisis menggunakan uji statistik paired sample t-test dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 24. Hasil analisis menunjukkan nilai t hitung sebesar 17,209, melebihi nilai t tabel sebesar 1.037, dan nilai signifikansi < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai sebelum dan sesudah perlakuan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, penggunaan model Game-Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi akademik. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan unsur permainan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, interaktif, dan kolaboratif. Selain mempercepat pemahaman materi, pendekatan ini juga membangun kerja sama dan komunikasi antar siswa. Model ini direkomendasikan sebagai alternatif strategi pengajaran inovatif dalam menciptakan kelas aktif dan dinamis yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Game-Based Learning, Media Monopoli, Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:48 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:51 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2893 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |