Rahmawati, Zulia Angel (2025) POTRET KEBUDAYAAN MESIR PADA NOVEL DI LEMBAH SUNGAI NIL KARYA BUYA HAMKA DALAM KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDOENSIA DI SMA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Skripsi Zulia Angel R_21110045 - angel zulia-1-30.pdf Download (818kB) |
Abstract
Rahmawati, Z. A. (2025) “Potret Kebudayaan Mesir Pada Novel Di Lembah Sungai Nil Karya Buya Hamka Dalam Kajian Antropologi Sastra dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing 1 Abdul Ghoni Asror, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Oktha Ika Rahmawati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Bahasa Indonesia, Karya Sastra, Antropologi Sastra, Novel Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan unsur kebudayaan Mesir dalam novel Di Lembah Sungai Nil karya Buya Hamka serta mengaitkannya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA. Novel ini dipilih karena mengandung berbagai nilai budaya yang relevan dengan materi ajar Bahasa Indonesia, terutama dalam konteks Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman terhadap karya sastra sebagai media pembelajaran budaya yang dapat membentuk karakter siswa serta mengembangkan kemampuan literasi dan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dengan tahapan membaca, menyimak, dan mencatat isi novel. Data yang dikaji adalah aspek kebudayaan berdasarkan teori Koentjaraningrat, meliputi tujuh unsur yaitu sistem religi, sistem organisasi sosial, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem mata pencaharian, dan sistem peralatan hidup atau teknologi. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data diuji melalui triangulasi data dan diskusi dengan pembimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Di Lembah Sungai Nil karya Buya Hamka memuat 69 indikator budaya yang tersebar dalam ketujuh unsur kebudayaan tersebut. Unsur sistem religi yang paling dominan 20 indikator menggambarkan kekayaan spiritual masyarakat Mesir. Hasil analisis data mengenai tujuh unsur kebudayaan yang terdapat dalam novel Di Lembah Sungai Nil karya Buya Hamka di antara lain 20 indikator sistem religi, 10 indikator sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial, 11 indikator sistem pengetahuan, 5 indikator bahasa, 6 indikator kesenian, 5 indikator sistem mata pencaharian, dan 12 indikator sistem peralatan hidup atau teknologi. Temuan ini menunjukkan bahwa karya sastra ini sangat kaya nilai budaya dan memiliki potensi besar untuk dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Novel ini dapat digunakan untuk mencapai Capaian Pembelajaran Fase F dalam Kurikulum Merdeka, seperti menganalisis hubungan karya sastra dengan realitas sosial budaya serta mengeksplorasi nilai-nilai kehidupan melalui teks sastra.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:10 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:10 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2894 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |