Romadhon, Evi Nabila (2025) ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS CERITA FIKSI MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE WRITING PADA SISWA KELAS VIII SMP PLUS NU AN-NURHADI KEDUNGTUBAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SKRIPSI EVI NABILA ROMADHON_21110008 (1) - Evi Nabila R-1-27.pdf Download (702kB) |
Abstract
Romadhon, Nabila Evi, 2025. Analisis Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Menggunakan Model Creative Writing pada Siswa Kelas VIII SMP Plus Nu An-Nurhadi Kedungtuban Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing: (1) Dr. Masnuatul Hawa, M.Pd. (2) Joko Setiyono M.Pd. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Cerita Fiksi, creative writing, Siswa SMP Keterampilan menulis merupakan kemampuan yang dapat dilakukan siswa untuk mengolah kata secara kompleks dengan cara membaca untuk memperoleh pengetahuan atau gagasan yang akan dituliskan. Pembelajaran juga dapat menggunakan berbagai macam model salah satunya adalah creative writing. Creative writing adalah tulisan yang ditulis oleh pengarang sesuai dengan imajinasi dan kreativitasnya untuk menghasilkan teks yang diinginkan. Teks yang digunakan adalah cerita fiksi. Cerita fiksi merupakan cerita yang dibuat berdasarkan imajinasi, bukan berdasarkan kenyataan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan dua rumusan yaitu (1) bagaimana penerapan model creative writing dalam pembelajaran menulis cerita fiksi siswa kelas VIII SMP Plus Nu An-Nurhadi Kedungtuban (2) hasil penerapan model creative writing dalam pembelajaran menulis cerita fiksi siswa kelas VIII SMP Plus Nu An-Nurhadi Kedungtuban. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data ini mencangkup ide dan kreativitas, struktur cerita, gaya bahasa, karakterisasi, dan tata bahasa. Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Dalam validasi data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian dengan penggunaan model creative writing dapat dilakukan melalui tahapan pembelajaran yang kreatif dan interaktif, mulai dari pencarian ide, pengembangan alur, penulisan draf, dan revisi. Guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa secara aktif. Data yang didapat bahwa siswa merasa lebih antusias, percaya diri, dan tertarik mengikuti pembelajaran menulis. Oleh karena itu, metode Creative Writing dapat digunakan secara efektif dalam proses belajar menulis cerita fiksi karena dapat memperbaiki kemampuan menulis serta menumbuhkan ketertarikan dan sikap baik terhadap aktivitas membaca dan menulis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:43 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:43 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |