WAHYUNI, SULIS (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PROSEDUR POLYA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Sulis Wahyuni (21310027) - SKRIPSI - ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN PROSEDUR POLYA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL - Sulis Wahyuni-1-26.pdf Download (804kB) |
Abstract
Wahyuni, Sulis. (2025). ”Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Polya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Puput Suriyah, M.Pd., Pembimbing II Dwi Erna Novianti, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Prosedur Polya, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting dalam pembelajaran matematika karena memungkinkan siswa menerapkan konsep yang telah dipelajari untuk menyelesaikan soal maupun menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu materi yang memerlukan kemampuan ini adalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan prosedur Polya pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 30 siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Rengel. Enam siswa dipilih sebagai subjek utama penelitian secara purposive sampling terdiri dari dua siswa dengan kemampuan tinggi, dua sedang, dan dua rendah. Data diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara, yang dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi mampu menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan secara tepat dan lengkap, membuat permisalan dan model persamaan, menyelesaikan sistem persamaan, menggunakan nilai variabel untuk menyelesaikan masalah, serta memeriksa ulang perhitungan dan membuat kesimpulan dengan tepat dan sesuai konteks masalah. Kedua subjek dengan kemampuan pemecahan masalah sedang mampu menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan secara tepat dan lengkap, membuat permisalan dan model persamaan, serta menyelesaikan sistem persamaan, namun kurang teliti dalam perhitungan, mengalami kesulitan menggunakan nilai variabel untuk menyelesaikan masalah, tidak memeriksa ulang perhitungan, serta hanya mampu membuat kesimpulan dengan tepat dan sesuai konteks masalah pada soal yang lebih sederhana. Kedua subjek dengan kemampuan pemecahan masalah rendah belum mampu menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan secara lengkap pada soal yang lebih kompleks, belum mampu membuat permisalan dan model persamaan dengan tepat, mengalami kesulitan menyelesaikan sistem persamaan, tidak memeriksa ulang perhitungan, serta belum mampu membuat kesimpulan dengan tepat dan sesuai konteks masalah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 03:33 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 03:33 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |