ZUHRI, ZAINUDIN (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MELATIH BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SKRIPSI ZAINUDIN ZUHRI (12) - ZAINUDIN ZUHRI-1-24.pdf Download (351kB) |
Abstract
Zuhri, Zainudin. 2025. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Melatih Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Taufiq Hidayat Pembimbingan II Ali Noeruddin, S. Si,. M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran ekonomi di kelas X6 SMAN 1 Kedungadem yang terdiri dari 32 siswa. Selama ini, kegiatan belajar cenderung bersifat satu arah karena didominasi oleh metode ceramah, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang dilibatkan dalam proses berpikir mendalam. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti memilih model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) sebagai solusi alternatif. Model ini bertujuan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, serta kompetitif. Melalui pembentukan kelompok yang heterogen, pelaksanaan permainan yang bersifat edukatif, turnamen antar kelompok, dan pemberian penghargaan, siswa didorong untuk lebih aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, sekaligus mendorong keterlibatan aktif mereka dalam pembelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 02:18 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 02:18 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |