Saputra, Frendy Azrilia Eka (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKS EKSPLANASI SISWA PADA PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY DI SMP MUHAMMADIYAH 9 BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
FRENDY AZRILIA EKA SAPUTRA_21110011 - Frendy Azrilia Eka S-1-28.pdf Download (629kB) |
Abstract
Saputra, F.A.E. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Teks Eksplanasi Siswa pada Pembelajaran Quantum Learning berbantuan Augmented Reality. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teks eksplanasi siswa pada pembelajran Quantum Learning berbantuan Augmented Reality. Dr. Cahyo Hasanudin, M. Pd. Sutrimah, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami materi teks eksplanasi melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning berbantuan media Augmented Reality (AR). Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh rendahnya minat, motivasi, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi teks eksplanasi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas VII A SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro, dengan jumlah subjek sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Quantum Learning berbantuan AR. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 64,2 pada pratindakan menjadi 75,6 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 85,4 pada siklus II. Selain itu, partisipasi dan motivasi siswa juga mengalami peningkatan. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Learning berbantuan media Augmented Reality efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teks eksplanasi. Kata kunci: Quantum Learning, Augmented Reality, teks eksplanasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:36 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:36 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |