Ikhsanudin, Nur (2025) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE STORYTELLING PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SOKO. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Nur Ikhsanudin-21220026 - Nur Ikhsanudin-1-23.pdf Download (697kB) |
Abstract
Ikhsanudin, Nur. 2025. “Efektivitas Pendidikan Karakter melalui Metode Storytelling pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Soko.” Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Neneng Rika Jazilatul Kholidah, S.Pd., M.H. Pembimbing (II) Fifi Zuhriah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Storytelling, Pendidikan Karakter, Pembelajaran PPKn, Siswa SMP Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode storytelling dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa kelas VII SMPN 1 Soko. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya penguatan nilai-nilai karakter di sekolah, serta perlunya pendekatan pembelajaran yang tidak hanya bersifat kognitif tetapi juga menyentuh dimensi afektif dan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Subjek penelitian berjumlah 52 siswa kelas VII, dengan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode storytelling memiliki pengaruh signifikan terhadap pendidikan karakter siswa, dengan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05) dan koefisien regresi sebesar 0.697. Lima indikator karakter yang diteliti, yaitu kejujuran, tanggung jawab, empati, nasionalisme, dan rasa hormat, menunjukkan peningkatan yang positif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa storytelling merupakan metode pembelajaran yang efektif dan dapat menjadi alternatif strategis dalam pendidikan karakter di tingkat SMP.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 06:17 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 06:17 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |