ELSHADAILLA, ViONA (2025) ANALISIS PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK SIKAP “ANTI KORUPSI” DI SMA KATOLIK IGNATIUS SLAMET RIYADI BOJONEGORO. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
VIONA ELSHADAILLA_ 21220038_compressed - Viona Elshadailla-1-23.pdf Download (505kB) |
Abstract
Viona, elshadailla, 2025, Analisis Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk sikap “Anti-Korupsi” di SMA Katolik Ignatius Slamet Riyadi di Bojonegoro, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI BOJONEGORO, Neneng Rika Jazilatul K., S. Pd., M, Fifi Zuhriyah, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Kewarganegaraan, Sikap “Anti-Korupsi” Permasalahan yang dihadapi oleh banyak pihak dan siswa adalah korupsi dan banyak siswa yang belum memahami tentang bahayanya korupsi. Korupsi adalah sebuah perbuatan pihak lain untuk mendapatkan keuntungan sendiri atau orang lain. Oleh karena itu, sebagai seorang guru harus memberikan upaya kepada siswa tentang pendidikan anti-korupsi agar para siswa tidak menggunakannya untuk kepentingan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk sikap anti-korupsi di SMA Katolik Ignatius Slamet Riyadi di Bojonegoro. Berdasarkan uraian latar belakang, Penelitian ini merumuskan rumusan masalah yaitu Apa Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk sikap “Anti-Korupsi” di SMA Katolik Ignatius Slamet Riyadi di Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode deskrpsi Kualitatif yaitu menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan ini berupa wawancara dengan guru Pendidikan kewarganegaran, observasi di sekolahan dan analisis dokumentasi. Subjek penelitian guru Pendidikan Kewarganegaraan dan guru Ilmu Pengetahuan Sosial.Analisis data ini menggunakan data triangulasi untuk memastikan data validasi dan reliabilitas data. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan kewarganegaraan di SMA Katolik Ignatius Slamet Riyadi Bojonegoro memiliki peran strategis dalam membentuk sikap anti korupsi siswa melalui beberapa pendekatan integrasi nilai-nilai anti korupsi dalam materi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang menjelaskan tentang nilai-nilai karakter, nilai-nilai kejujuran kemudian pengembangan budaya sekolah yang mendukung terciptanya lingkungan bebas korupsi melalui kegiatan atau sistem pembelajaran yang mendukung sikap anti-korupsi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru Pendidikan Kewarganegaran memiliki peran yang penting sebagai contoh dan teladan dalam membentuk sikap anti korupsi pada siswa tetapi juga memperlukan dukungan dari sekolahan. guru pendidikan kewarganegaraan juga harus memiliki fondasi yang kuat untuk mencegah tindakan korupsi dan sekolahan SMA Katolik Ignatius Slamet Riyadi di Bojonegoro menerapkan nilai-nilai anti-korupsi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 07:07 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 07:07 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |