EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN QUESTION IMAGE CIRCLE DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK MA ISLAMIYAH BALEN DALAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS X

Atullatipah, Mar (2025) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN QUESTION IMAGE CIRCLE DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK MA ISLAMIYAH BALEN DALAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS X. Other thesis, UPGRIS Banyuwangi.

[img] Text
Mar Atullatipah_21220023 (1) - Maratul Latipah-1-29.pdf

Download (956kB)
Official URL: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/...

Abstract

Atullatipah, Mar. 2025. “Efektifitas Model Pembelajaran Question Image Circle Dalam Peningkatan Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Peserta Didik Ma Islamiyah Balen Dalam Mata Pelajaran Ppkn Kelas X”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Ernia Duwi Saputri, S.Pd., M.H. Pembimbing (II) Sely Ayu Lestari . Kata Kunci : Lingkaran Gambar Pertanyaan, berpikir kritis, pendidikan kewarganegaraan, kuasi-eksperimental, pembelajaran kooperatif Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan model pembelajaran Question Image Circle (QIC) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MA Islamiyah Balen pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design, melibatkan 42 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui tes, angket, dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan metode kuantitatif, meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan perhitungan skor N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis yang signifikan pada kelompok eksperimen, dengan skor N-Gain rata-rata sebesar 0,75 (tergolong sangat efektif), dibandingkan kelompok kontrol yang hanya sebesar 0,23. Respon angket menunjukkan bahwa 57% siswa menilai model QIC sangat efektif, sedangkan 23% menganggapnya efektif. Kesimpulan penelitian adalah x model QIC efektif dalam menumbuhkan berpikir kritis dengan mendorong partisipasi aktif siswa, analisis kolaboratif terhadap materi visual, dan pemecahan masalah. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pengajaran yang inovatif, khususnya dalam pendidikan Kewarganegaraan, dan menyoroti potensi pendekatan pembelajaran visual dan kooperatif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan analisis kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 22 Aug 2025 06:47
Last Modified: 22 Aug 2025 06:47
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item