Amelia, Anggita (2025) ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL PAYA NIE KARYA IDA FITRI. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Skripsi_ANGGITA_AMELIA_ FIXX (2)3-2 - Anggita Amelia-1-28.pdf Download (1MB) |
Abstract
Amelia, Anggita, 2025. Analisis Psikologi Sastra dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Paya Nie Karya Ida Fitri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr. Masnuatul Hawa, M.Pd. (II) Joko Setiyono, M.Pd. Kata kunci: Psikologi, Nilai Pendidikan, Novel Penelitian ini bertujuan 1) Menganalisis kondisi psikologis tokoh utama dalam novel Paya Nie karya Ida Fitri berdasarkan pendekatan psikologi sastra, khususnya dengan menelusuri faktor-faktor internal dan eksternal. 2) Mendeskripsikan bentuk-bentuk konflik batin dan trauma psikologis 3)Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang tercermin dalam sikap, dialog, dan tindakan tokoh-tokoh dalam novel Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi untuk mengkaji aspek psikologi tokoh dan nilai-nilai pendidikan dalam novel Paya Nie karya Ida Fitri. Data dalam penelitian ini bersifat kualitatif berupa kutipan naratif, dialog tokoh, dan deskripsi peristiwa dalam novel yang mencerminkan kondisi psikologis serta nilai-nilai pendidikan. Teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow digunakan sebagai pisau analisis untuk menelaah struktur motivasi dan perkembangan psikologis tokoh utama.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, yaitu membaca dan mencermati teks novel secara menyeluruh, mencatat bagian-bagian yang relevan, serta mengaitkan temuan dengan teori yang digunakan. Prosedur analisis data meliputi tiga tahap: (1) reduksi data, yaitu pemilihan data yang relevan dengan teori Maslow dan nilai pendidikan; (2) penyajian data, berupa penyusunan kutipan dan interpretasi temuan; dan (3) penarikan kesimpulan, dengan merumuskan hasil analisis yang mengungkap dimensi psikologis dan pesan pendidikan dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama dalam Paya Nie mengalami perjalanan psikologis yang mencerminkan lima tingkatan kebutuhan menurut Maslow: kebutuhan fisiologis, rasa aman, cinta dan memiliki, penghargaan, dan aktualisasi diri. Tokoh utama menunjukkan perjuangan dalam memenuhi kebutuhan dasar di tengah konflik sosial dan budaya yang kuat, hingga akhirnya mencapai pencerahan pribadi melalui aktualisasi diri. Selain itu, novel ini memuat nilai-nilai pendidikan seperti keteguhan, kerja keras, empati, dan pentingnya pendidikan formal maupun nonformal sebagai sarana pembentukan karakter. Temuan ini menegaskan bahwa Paya Nie tidak hanya mengandung nilai estetika sastra, tetapi juga memiliki fungsi edukatif yang mendalam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 08:51 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 08:51 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |