ANGGRAENI, FEBRI (2025) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (STUDI PADA SISWA SMK PGRI CEPU). Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Febri Anggraeni2_21220040_pkn - Febri Anggraeni028-1-23.pdf Download (533kB) |
Abstract
Aggraeni, Febri, 2025. Implementasi Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Pada Siswa SMK PGRI Cepu). Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Neneng Rika J. K. S.Pd., M.H., Pembimbing (II) Fifi Zuhriah, M.Pd. Kata Kunci: nilai karakter, toleransi, pendidikan kewarganegaraan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter toleransi dalam pemblajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa SMK PGRI Cepu. nilai toleransi merupakan bagian penting dari pendidikan karakter yang perlu ditanamkan kepada peserta didik guna menciptakan kehidupan sosial yang harmonis dan damai di tengah keberagaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pngumpulan data dilakukan melalui oservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan kewarganegaraan telah mengintegrasikan nilai-nilai toleransi melalui metode pembelajaran yang dialogis, pemberian contoh konkret, serta penciptaan suasana kelas yang inklusif dan terbuka terhadap perbedaan. Faktor pendukung implementasi meliputi peran aktif guru, dukungan sekolah, serta keterlibatan siswa dalam kegiatan kolaboratif. Adapun kendala yang dihadapi antara lain adalah masih adanya sikap eksklusif dari sebagian siswa serta keterbatasan waktu dalam penyampaian materi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi nilai karakter toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK PGRI Cepu berjalan cukup efektif meskipun masih memerlukan penguatan dari berbagai pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 05:35 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 05:35 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |