PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DIKELAS IX SMP N 5 BOJONEGORO

ALFAT, ZIHAD ZULFIKATUL (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DIKELAS IX SMP N 5 BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Zihad Zulfikatul Alfat - 21310066-1 - Zihad Alfath-1-31.pdf

Download (983kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Alfat, Zihad Zulfikatul. 2025. Pengembangn Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Artificial Intelligence pada Materi Bangun Ruang Sisi lengkung. Skripsi, Program Studi pendidikan Matematika, Falkutas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Dr. Puput Suriyah, M.Pd., Pembimbing (2) Dwi Erna Novianti, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Artificial Intelligence dan Bangun Ruang Sisi Lengkung Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Artificial Intelligence pada materi bangun ruang sisi lengkung serta mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas media tersebut dalam mendukung pembelajaran matematika. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Subjek penelitian terdiri dari satu ahli media, dua ahli materi, dan peserta didik kelas IX SMP N 5 Bojonegoro. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, angket respon, serta tes pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori sangat layak dengan rata-rata skor ahli media sebesar 0,76. ahli materi sebesar 0,77. Selain itu, terdapat peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan skor pretest yang mendapat nilai 43,86 menjadi 83,50 setelah melakukan postest, yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis Google Sites efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang sisi lengkung. Dengan demikian, media pembelajaran ini dinilai layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika dan dapat menjadi alternatif inovatif berbasis teknologi yang mendukung era Pendidikan 5.0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 26 Aug 2025 07:58
Last Modified: 26 Aug 2025 07:58
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2955

Actions (login required)

View Item View Item