PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED BERBANTUAN BAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS IX MTsN 1 BOJONEGORO

Himmah, Faiqotul (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN-ENDED BERBANTUAN BAMBOOZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS IX MTsN 1 BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SKRIPSI FAIQOTUL HIMMAH SETOR - Faiq Himma-1-24.pdf

Download (452kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Himmah, Faiqotul. 2025. Pengaruh model pembelajaran Open-Ended berbantuan Bamboozle terhadap hasil belajar matematika pada materi penyajian data kelas IX MTsN 1 Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dwi Erna Novianti, S.Si., M.Pd., Pembimbing (II) Novi Mayasari, M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran Open-Ended, Bamboozle, hasil belajar matematika Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya materi penyajian data. Dipengaruhi beberapa faktor seperti kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dan model pembelajaran sehingga KBM tidak efektif. Penerapan model pembelajaran Open-Ended berbantuan aplikasi Bamboozle diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Sebagai bentuk respon terhadap urgensi perlunya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika yang dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open-Ended berbantuan Bamboozle terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi penyajian data kelas IX MTsN 1 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu Quasi- Experimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 328 siswa. Sampel penelitian ini ada kelas IX-A dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan IX-B dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data adalah tes. Analisis data meliputi uji prasyarat; uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan dan uji hipotesis. Hasil analisis Inferensial Independent Two Sample-T dengan polled varians diperoleh nilai thitung=10,867 >ttabel=1,669. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Open-Ended berbantuan aplikasi Bamboozle efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX pada materi penyajian data di MTsN 1 Bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Open-Ended berbantuan aplikasi Bamboozle secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi statistika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 26 Aug 2025 08:14
Last Modified: 26 Aug 2025 08:14
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2956

Actions (login required)

View Item View Item