ROMADHONA, WULAN DWI (2025) KORELASI SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BALEN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
WULAN DWI ROMADHONA - 21310030 - Wulan Dwi Romadhona-1-26.pdf Download (711kB) |
Abstract
Romadhona, Wulan Dwi. (2025). Korelasi Self-efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Balen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Dosen Pembimbing (I) Novi Mayasari, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing (II) Ari Indriani, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, self-efficacy, Motivasi Belajar Pendidikan berperan penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu indikator keberhasilan pendidikan adalah hasil belajar siswa, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Penelitian ini difokuskan pada dua faktor internal, yaitu self-efficacy dan motivasi belajar, yang dinilai memiliki hubungan signifikan terhadap hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran matematika.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mengetahui korelasi antara self-efficacy terhadap hasil belajar matematika. (2) Mengetahui korelasi antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. (3) Mengetahui korelasi antara self-efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI di SMA Negeri 1 Balen tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitan non-eksperimental berjenis korelasi yaitu penelitian yang mengaitkan antara satu variabel dengan satu atau lebih variabel lainnya. Penelitian ini menggunakan instrumen angket self-efficacy dan angket motivasi belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 responden dari 206 populasi. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan hasil belajar matematika sebesar 0.7427. (2) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika sebesar 0.6604. (3) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara self-efficacy dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika sebesar 0.7672. Hal ini berarti bahwa siswa yang mempunyai tingkat self-efficacy yang tinggi dan tingkat motivasi belajar yang tinggi maka akan memiliki hasil belajar matematika yang tinggi pula. Dengan demikian hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui peningkatan self-efficacy dan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 06:14 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 06:14 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |