Mufidatin, Siti (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR SEGIEMPAT BERDASARKAN PROSEDUR POLYA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Siti_Mufidatin_(21310060) - Siti Mufidatin-1-24.pdf Download (677kB) |
Abstract
Mufidatin, Siti. 2025. Analisis Kesalahan Dalam menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Berdasarkan Prosedur Polya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Ari Indriani, M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Puput Suriyah, M.Pd. Kata Kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Soal Cerita Bangun Datar, Prosedur Polya Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat karena kurang teliti, Penelitian ini mengkaji jenis kesalahan siswa berdasarkan tahapan prosedur Polya serta faktor-faktor yang memengaruhi kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan wawancara terhadap siswa kelas VII di SMPN 2 Baureno. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan Kesimpulan dan Teknik validasi data. Berdasarkan hasil kesimpulan bahwa siswa melakukan kesalahan pada setiap tahapan prosedur Polya dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat bahwa, 1) siswa menghadapi beragam kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat di setiap tahap prosedur Polya, seperti kesulitan memahami isi soal, tidak menyusun rencana penyelesaian, melakukan kesalahan hitung, dan tidak melakukan pengecekan ulang. 2)kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat tidak hanya disebabkan oleh lemahnya penguasaan materi, tetapi juga dipengaruhi oleh kemampuan memahami soal, fokus, semangat belajar, pola belajar, pendekatan guru, lingkungan belajar, dan kurangnya latihan soal. Faktor-faktor ini saling berkaitan dan memengaruhi proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 06:19 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 06:19 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2961 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |