EFEKTIVITAS MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA WISATA BENTENG VAN DEN BOSCH NGAWI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG SMP

Tari, Aninda Putri Ferdian (2025) EFEKTIVITAS MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA WISATA BENTENG VAN DEN BOSCH NGAWI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG SMP. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Aninda Putri Ferdian Tari_ 21310005 - aninda putri-1-26.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Tari, Aninda Putri Ferdian. 2025. Efektivitas Model PBL Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Wisata Benteng Van Den Bosch Ngawi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dwi Erna Novianti, S.Si., M.Pd., Pembimbing (II) Novi Mayasari, M.Pd. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Etnomatematika, Hasil Belajar Permasalahan dalam Pembelajaran matematika khususnya materi bangun ruang masih menjadi tantangan bagi siswa, ditandai dengan rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif serta minimnya pengaitan materi dengan kehidupan nyata. Pendekatan etnomatematika sebagai integrasi budaya dalam pembelajaran matematika dapat menjadikan pembelajaran lebih kontekstual dan bermakna. Rumusan masalah ini adalah Bagaimana efektivitas model PBL dengan pendekatan etnomatematika pada wisata Benteng Van Den Bosch Ngawi terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis PBL dengan pendekatan etnomatematika pada wisata benteng Van den Bosch Ngawi untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian ini yakni Quasi-Experimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs N 2 Bojonegoro, Teknik sampling menggunakan cluster random sampling, dimana kelas VIII D dipilih sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji prasyarat: uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan dan uji hipotesis. Hasil analisis inferensial Independent Two Sample-T dengan polled varians diperoleh nilai Thitung= 4,2905 > Ttabel = 2,015. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata, sikap cinta siswa terhadap budaya setelah mendapatkan pembelajaran dengan model PBL berbasis etnomatematika lebih baik dari sikap cinta siswa sebelum mendapat pembelajaran dengan model PBL berbasis etnomatematika, sehingga model PBL berbasis etnomatematika pada wisata Benteng Van Den Bosch efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII D dan VIII E di MTs N 2 Bojonegoro. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan etnomatematika pada wisata Benteng Van Den Bosch Ngawi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Pembelajaran menjadi lebih kontekstual, bermakna, dan mampu meningkatkan keterlibatan serta motivasi belajar siswa dalam memahami konsep geometri secara nyata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Aug 2025 07:05
Last Modified: 27 Aug 2025 07:05
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2964

Actions (login required)

View Item View Item