Mustikawati, Intan Suci (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
INTAN SUCI MUSTIKAWATI-21310014 - Intan suci-1-33.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mustikawati, Intan Suci. 2025. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Belajar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Dr. Dra. Junarti, M.Pd., (II) Anis Umi Khoirotunnisa, M.Pd. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Aritmatika Sosial, Gaya Belajar, Polya, Matematika. Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, salah satunya melalui penguasaan matematika. Aritmatika sosial sebagai bagian dari materi matematika di tingkat MTs berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari, khususnya dalam konteks ekonomi. Meskipun demikian, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami materi ini, yang ditunjukkan melalui berbagai kesalahan dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan siswa dalam pokok bahasan aritmatika sosial berdasarkan tahapan penyelesaian masalah menurut Polya, menelaah gaya belajar siswa, serta mendeskripsikan hubungan antara kesalahan yang dilakukan dengan gaya belajar masing-masing. Kesalahan siswa mencakup kegagalan memahami soal, kesalahan dalam merencanakan dan melaksanakan strategi penyelesaian, serta kurangnya evaluasi terhadap hasil akhir. Kesalahan ini sering kali dipengaruhi oleh gaya belajar siswa yang beragam, yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Guru yang belum sepenuhnya memahami karakter gaya belajar siswa cenderung menerapkan metode pembelajaran yang seragam, sehingga kurang efektif bagi sebagian siswa. Oleh karena itu, penting dilakukan analisis mendalam terhadap jenis kesalahan dan gaya belajar siswa sebagai dasar dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan tepat sasaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 08:12 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 08:12 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |