PRATAMA, AVITA WIDYA (2025) OPTIMALISASI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI INTEGRASI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DAN METODE STEAM DI MADRASAH TSANAWIYAH. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
AVITA WIDYA PRATAMA - 21310006 - Risma Dea-1-25.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pratama, Avita Widya. (2025). “Optimalisasi Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Integrasi Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Dan Metode STEAM Di Madrasah Tsanawiyah”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Boedy Irhadtanto, S.T., M.Pd.T. Pembimbing II Muhammad Rinov Cuhanazriansyah, S.T., M.Pd.T. Pembelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah masih kurang efektif karena siswa mengalami kesulitan memahami konsep bangun ruang akibat metode pembelajaran yang konvensional dan kurang kontekstual. Rumusan masalah untuk penelitian ini, yaitu Bagaimana tingkat pemahaman siswa dalam menentukan konsep dasar serta menggambarkan bentuk tiga dimensi materi bangun ruang pada jenjang Madrasah Tsanawiyah ? Bagaimana keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran matematika materi bangun ruang pada jenjang Madrasah Tsanawiyah ? Bagaimana integrasi pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Metode STEAM dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah ? Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, tes, dan kuesioner yang dilaksanakan di MTs Plus An-Nahdliyah. Hasil observasi menunjukkan bahwa penerapan pendekatan RME dan STEAM meningkatkan pemahaman siswa dalam menggambarkan dan menghitung bangun ruang sisi lengkung. Data wawancara mengungkapkan bahwa siswa lebih antusias dan mampu mengaitkan materi dengan kehidupan nyata. Tes pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 37,75%. Kuesioner juga mengindikasikan bahwa siswa merasa pembelajaran lebih menarik dan aplikatif. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi pendekatan RME dan STEAM mampu mengoptimalkan efektivitas pembelajaran matematika dengan meningkatkan pemahaman konseptual, partisipasi aktif, dan kepuasan siswa. Kata kunci: Efektivitas Pembelajaran, RME, STEAM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 01:44 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 01:44 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |