PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 KAPAS TERHADAP FENOMENA “TikTok Brain”

ANGGRAENI, RISMA DEA (2025) PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 KAPAS TERHADAP FENOMENA “TikTok Brain”. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Risma Dea Anggraeni_21310024_P.MATH - Risma Dea-1-28.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Anggraeni,Risma Dea. (2025). “Peningkatan Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Kapas terhadap Fenomena “TikTok Brain”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Boedy Irhadtanto, S.T., M.Pd.T., Pembimbing II M. Rinov Cuhanazriansyah, S.T., M.Pd.T. Kata Kunci: “TikTok Brain”, Pembelajaran Matematika, Attention Span, FOMO, Manajemen Waktu. Fenomena “TikTok Brain” menggambarkan perubahan cara berpikir siswa akibat paparan konten cepat dari media sosial TikTok yang memengaruhi rentang perhatian, kedisiplinan belajar, dan munculnya perasaan Fear of Missing Out (FOMO). Di sisi lain, TikTok juga menyajikan konten edukatif yang berpotensi dimanfaatkan dalam pembelajaran. Hal ini mendorong perlunya inovasi dalam strategi pengajaran yang mampu menyesuaikan dengan karakteristik generasi digital saat ini. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran yang terinspirasi dari fenomena “TikTok Brain”? 2) Bagaimana pengaruh fenomena “TikTok Brain” terhadap tantangan belajar siswa? 3) Bagaimana respon siswa terhadap strategi pembelajaran yang memanfaatkan konten edukatif TikTok?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis metode pembelajaran yang terinspirasi dari fenomena “TikTok Brain” dan dampaknya terhadap peningkatan hasil pembelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Kapas. 2) Mengidentifikasi pengaruh fenomena “TikTok Brain” terhadap tantangan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran Matematika. 3) Mengetahui respon siswa terhadap strategi pembelajaran dengan memanfaatkan konten TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode pre eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi awal, pre-test dan post-test, angket pengaruh, angket tantangan, angket respon siswa, dan wawancara. Sampel berjumlah 66 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kapas yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika berbasis fenomena “TikTok Brain” memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, terdapat perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test, serta terjadi penurunan tingkat tantangan belajar. Respon siswa terhadap strategi pembelajaran cenderung positif, dengan peningkatan motivasi dan keterlibatan selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian “Peningkatan Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Kapas terhadap Fenomena “TikTok Brain” disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang mengadaptasi fenomena “TikTok Brain”, Jika diterapkan secara terarah dan terukur, dapat meningkatkan pemahaman konsep Matematika siswa serta membantu mereka dalam menghadapi tantangan belajar di era digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 28 Aug 2025 02:42
Last Modified: 28 Aug 2025 02:42
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2971

Actions (login required)

View Item View Item