SHEVIRA, SHEVIRA (2025) PENGARUH KEMANDIRIAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Shevira (21310068) - Shevira 232-1-27.pdf Download (1MB) |
Abstract
Shevira, S. (2025). Pengaruh Kemandirian Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Junarti, M.Pd., Pembimbing II Anis Umi Khoirotunnisa’, M.Pd. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar Matematika Banyak siswa masih menunjukkan tingkat kemandirian belajar yang rendah, karena mereka cenderung hanya mengerjakan tugas saat diminta oleh guru. Di sisi lain, guru juga kurang memperhatikan variasi gaya belajar siswa dan cenderung menggunakan metode pembelajaran yang monoton sehingga hal tersebut bisa berdampak terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, dibuat rumusan masalah sebagai berikut. 1) Apakah terdapat pengaruh antara kemadirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa? 2) Apakah terdapat pengaruh model gaya belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa? 3) Apakah terdapat pengaruh signifikan antara kemandirian belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa? Penelitian ini menggunakan desain paradigma ganda melalui pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, dengan pemilihan melalui metode undian terhadap seluruh kelas X yang berjumlah 17 kelas dengan total 596 siswa. Hasil undian menetapkan kelas X-DPB sebagai sampel penelitian, yang terdiri atas 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis meliputi Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Regresi Linear Berganda, dan Koefisien Determinasi, Uji T parsial, dan Uji F. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan (1) Kemandirian belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan melalui hasil uji statistik dengan nilai signifikansi sebesar 0,01 (< 0,05) dan koefisien regresi sebesar 0,431; (2) Gaya belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan melalui uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0,02 (<0,05) dan koefisien regresi sebesar 0,39; (3) Kemandirian belajar dan gaya belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 (<0,05) dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,705.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 03:49 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 03:49 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |