SARI, SOFI NUR INDAH (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TIPE NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS PADA POKOK MATERI EKSPONEN DI KELAS X SMK NEGERI 1 BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2024/2025. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SOFI_NUR_INDAH_SARI-21310026 - Sofi Nur Indah Sari-1-28.pdf Download (6MB) |
Abstract
Sofi Nur Indah Sari. 2025. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tipe Newman Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Pada Pokok Materi Eksponen di Kelas X SMK Negeri 1 Bojonegoro Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Puput Suriyah, M.Pd., (II) Dwi Erna Novianti, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan matematika, kesalahan, tipe Newman, eksponen Pendidikan memiliki peran strategis dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan logis peserta didik terutama melalui pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya banyak siswa SMK masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep eksponen. Kesulitan ini berdampak pada munculnya berbagai jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal, sehingga diperlukan suatu pendekatan analisis kesalahan yang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik tipe kesalahan siswa dalam memecahkan soal eksponen menurut model analisis kesalahan Newman dan mendeskripsikan faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan konseptual siswa dalam menyelesaikan soal eksponen. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek tiga siswa di kelas X SMK Negeri 1 Bojonegoro, Tahun Ajaran 2024/2025 yang dipilih berdasarkan hasil tes. Teknik pengumpulan data meliputi tes diagnostik, wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri atas soal eksponen yang dirancang sesuai indikator kesalahan Newman, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masingmasing subjek mengalami lima tipe kesalahan, yaitu kesalahan membaca, memahami soal, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Kesalahan transformasi menjadi tipe kesalahan paling banyak, ditandai dengan kegagalan siswa dalam mengubah informasi soal ke bentuk penyelesaian yang kurang tepat. Hasil wawancara memperkuat temuan bahwa kesalahan muncul akibat kurangnya pemahaman konsep eksponen, kebiasaan menebak, dan ketiadaan strategi penyelesaian yang sistematis. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Newman Error Analysis efektif untuk mengidentifikasi kelemahan berpikir siswa secara rinci. Oleh karena itu, guru disarankan menerapkan strategi pembelajaran yang kontekstual, berorientasi konsep, dan memperbanyak refleksi kesalahan melalui diskusi kelas agar siswa mampu membangun pemahaman secara lebih mendalam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 04:34 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 04:34 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2975 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |