HERWANTO, DENI YULI (2025) EVALUASI PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMPN 2 SUMBERREJO BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Deni Yuli Herwanto_21310039 - Himmat ikip pgri bojonegoro-1-23.pdf Download (774kB) |
Abstract
Herwanto, Deni Yuli. (2025). “Evaluasi Penerapan Model Siklus Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 2 Sumberrejo Bojonegoro.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I, Ali Noeruddin, M.Pd. Pembimbing II, Dr. Taufiq Hidayat, M.Pd. Kata Kunci : evaluasi, model siklus belajar, matematika Berdasarkan observasi, menunjukkan bahwa guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu pembelajaran dengan metode ceramah, tanya jawab, dan memberi latihan yaitu menjelaskan materi secara langsung pada siswa. Proses belajar mengajar lebih berpusat pada guru (teacher centered), sehingga aktivitas siswa lebih banyak mendengarkan, mencatat, dan kemudian mengerjakan soal-soal yang diberikan guru. Perangkat pembelajaran matematika sangat dibutuhkan dan perlu dikembangkan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu, diperlukan suatu penelitian untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model siklus belajar Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain 1) Bagaimana penerapan model siklus belajar pada pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumberrejo Bojonegoro? 2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan model siklus belajar pada pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumberrejo Bojonegoro? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun bentuk penelitian kualitatif yang dilakukan peneliti saat ini adalah bersifat deskriptif. Dalam pengambilan data, penelitian ini menggunakan dua macam teknik, yakni wawancaran dan observasi. Teknik analisis data model analisis mengalir, sedangkan untuk validasi data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa penerapan model pembelajaran siklus belajar di SMP Negeri 2 Sumberrejo Bojonegoro telah secara signifikan memperbaiki proses belajar dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas VII. Sementara itu, perolehan nilai ulangan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumberrejo Bojonegoro setelah penerapan model pembelajaran siklus belajar diketahui bahwa siswa yang mendapatkan nilai KKM sebanyak 32 siswa dengan jumlah persentase 100%. Adapun kesimpulan penelitian ini antara lain 1) Penerapan pembelajaran siklus belajar memiliki beberapa tahapan, yakni engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation yang mampu memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Sumberrejo Bojonegoro, 2) Perolehan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumberrejo Bojonegoro setelah penerapan model pembelajaran siklus belajar diketahui mengalami peningkatan signifikan, yakni semua siswa mendapatkan nilai KKM (70) bahkan lebih dengan jumlah persentase 100%. Adapun nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 89,06.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 28 Aug 2025 06:21 |
Last Modified: | 28 Aug 2025 06:21 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |