KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN TRADISIONAL DALAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI KELAS

Mulyani, Mulyani (2025) KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN TRADISIONAL DALAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI KELAS. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
MULYANI (21310052) - Himmat ikip pgri bojonegoro-1-27.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Mulyani. 2025. Komparasi Hasil Belajar Siswa antara Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pembelajaran Tradisional dalam Efektivitas Pembelajaran di kelas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Boedy Irhadtanto, S.T., M.Pd. Pembimbing (2) M. Rinov Cuhanazriansyah, S.T., M.Pd.T. Kata Kunci: Model Pembelajaran Tipe STAD, Pembelajaran Tradisional, Hasil Belajar dan Bangun Ruang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa SMP pada materi bangun ruang akibat pembelajaran yang masih didominasi metode tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan metode tradisional. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest posttest control group design dengan teknik random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Ngraho yang berjumlah 277 siswa, dengan sampel 60 siswa yang terdiri dari kelas VIII H sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa yang menggunakan pembelajaran tipe STAD dan VIII I sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa yang menggunakan pembelajaran tradisional. Instrumen penelitian berupa pretest, posttest, dan angket respon siswa dengan teknik analisis datanya menggunakan beberapa uji yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji kesukaran, dan uji prasyarat. Hasil analisis data menunjukan nilai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 28 Aug 2025 07:44
Last Modified: 28 Aug 2025 07:44
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2979

Actions (login required)

View Item View Item