Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP

Nasichah, Da’imatun (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
DA'IMATUN NASICHAH-21310008 - Naas Ichaa-1-31.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Nasichah, Da’imatun. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dwi Erna Novianti, S.Si., M. Pd., Pembimbing (II) Novi Mayasari, M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Mobile, Kesebangunan dan Kekongruenan, Minat Belajar Rendahnya minat dan pemahaman siswa kelas IX SMP terhadap materi kesebangunan dan kekongruenan yang bersifat abstrak mendorong pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis mobile sebagai solusi inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kondisi pembelajaran sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis mobile pada materi kesebangunan dan kekongruenan; 2) mendeskripsikan cara mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile pada materi kesebangunan dan kekongruenan yang efektif dan menarik; 3) mendeskripsikan kelayakan dari media pembelajaran interaktif berbasis mobile yang dikembangkan melalui uji validitas dan reliabilitas, serta mendapatkan umpan balik dari pengguna. Model yang digunakan adalah ADDIE. Penelitian melibatkan validasi ahli, uji kepraktisan, serta pengukuran keefektifan melalui N-gain dan uji-t dengan uji lanjutan effect size Cohen’s d dengan subjek 10 siswa dan 32 siswa SMP Negeri 2 Soko. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar meningkat dari tingkat kevalidan sangat tinggi CVI=1.0, V Aiken >0.80 berdasarkan penilaian ahli, kepraktisan sangat tinggi (90%) dalam implementasi pembelajaran, dan keefektifan tercermin dari peningkatan hasil belajar N-gain 0.62 dengan kategori sedang, serta effect size Cohen’s d 1.87 kategori sangat besar yang menegaskan superioritas media dibanding metode konvensional. Dukungan instrumen yang andal Cronbach’s Alpha 0.886–0.95 memperkuat validitas temuan. Berdasarkan analisis data, implementasi media pembelajaran interaktif berbasis mobile secara signifikan meningkatkan kondisi pembelajaran materi kesebangunan dan kekongruenan, ditandai dengan peningkatan hasil belajar dan transformasi tingkat kesukaran. Pengembangan media yang efektif dan menarik melalui penerapan model ADDIE secara sistematis, mencakup identifikasi kebutuhan, perancangan alur interaktif, validasi ahli ketat dengan CVI=1.0, uji bertahap, dan evaluasi berbasis data. Kelayakan media terkonfirmasi melalui validitas ahli, reliabilitas instrumen sangat tinggi (α=0.886-0.95), serta umpan balik pengguna positif, kepraktisan 90%. Sehingga, media ini tidak hanya layak (valid, praktis, dan efektif) secara akademis-teknis, tetapi juga terbukti mentransformasi pembelajaran geometri secara empiris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:45
Last Modified: 01 Sep 2025 01:45
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2980

Actions (login required)

View Item View Item