PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA SMP N 1 NGRAHO

SETIYONINGSIH, DEWI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA SMP N 1 NGRAHO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
DEWI SETIYONINGSIH - 21310009 - Dewi Setiyoningsih-1-25.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Setiyoningsih, Dewi. (2025). “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Terhadap Kemampuan Aritmatika Sosial Pada Siswa SMP N 1 Ngraho. Skipsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) Dr. Junarti, M.P.d. dan (2) Anis Umi Khoirotunnisa’, M.Pd. Kata Kunci: MURDER, Aritmatika Sosial, Pembelajaran Kolaboratif Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terkakit materi aritmatika sosial akibat kurang tepatnya dalam memilih metode pembelajaran yg sesuai dengan materi pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk: 1) mengukur kemampuan aritmatika sosial siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Mengukur kemampuan aritmatika sosial siswa yang menggunakan model pembelajaran kolaboratif MURDER . 3) Menguji perbedaan pengaruh kemampuan aritmatika sosial siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan menggunakan model pembelajaran kolaboratif MURDER. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Ngaho tahun Pelajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini adalah VII-E sebagai KELAS eksperimen dan VII-F sebagi kelas kontrol. Teknik pengambilan data ini yaitu menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Instrument penelitian yang diunakan adalah soal tes kemampuan aritmatika sosial dalam bentuk essay berjumlah 5 butir soal yang sebelumnya sudah di validasi oleh 3 orang ahli, dan telah di uji validitas, reliabilitas, Tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji t (independent t test)dan uji normalitas sebagai uji prasyarat. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas kontrol pelaksanaan pretest yaitu dan kelas eksperimen dari hasil uji hipotesis menunjukkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:28
Last Modified: 01 Sep 2025 06:28
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item View Item