EKPERIMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING YANG DIMODIFIKASI DENGAN APLIKASI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs DARUL FALAH CEPU TAHUN AJARAN 2024/2025

PRASTIYO, ERVAN CATUR (2025) EKPERIMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING YANG DIMODIFIKASI DENGAN APLIKASI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs DARUL FALAH CEPU TAHUN AJARAN 2024/2025. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
fiks ervan - Siti Nur Azizah-1-26.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Prastiyo,Ervan Catur. 2025. Eksperimentasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning yang dimodifikasi demgan aplikasi bangun ruang terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Skripsi, Program Studi pendidikan Matematika , Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI BOJONEGORO, Pembimbing(1) Novi Mayasari,M.Pd., Pembimbing (2) Ari Indriani,M.Pd. Kata kunci: CTL Hasil belajar,dan Bangun Ruang Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembelajaran yang mengaitkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong mereka untuk mengaitkan pengetahuan yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan yaitu model CTL yang dimodifikasi memberikan hasil belajar siswa lebih baik dari pada dengan pembelajaran langsung. Pendekatan CTL menekankan keterkaitan antara materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) . Populasi dalam penelitian ini adalah selurh siswa kelas VIII di salah satu sekolah MTs Darul Falah Cepu, terdapat dua sampel dalam penelitian ini , yaitu kelasVIII C eksperimen berjumlah 22 siswa yang menggunakan pendekatan CTL dan kelas VIII B kontrol berjumlah 22 siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Teknik Pengumpulan datanya menggunkan tes dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya menggunakan beberapa uji yaitu, uji validitas, uji reabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan α=5% diperoleh ttabel=2,021 dan nilai thitung=2,455. Maka H0 ditolak makadapat disimpulkan Model Pembelajaran CTL lebih baik dari pada model pembelajaran langsung dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:09
Last Modified: 01 Sep 2025 07:09
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item