EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX MATERI KESEBANGUNAN PADA SISI DATAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 CEPU

WIDODO, AHMAD BASUKI (2025) EKSPERIMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX MATERI KESEBANGUNAN PADA SISI DATAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 CEPU. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
fiks ervan - Siti Nur Azizah-1-26.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Widodo, Ahmad Basuki. 2025. Eksperimentasi Media Pembelajaran Interaktif Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Ix Materi Kesebangunan Pada Sisi Datar Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Cepu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGR BOJONEGORO. Pembimbing (I) Drs. Sujiran, M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Fruri Stevani, M.Pd. Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar, SMPN 5 CEPU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara pembelajaran menggunakan media video animasi dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional / ceramah pada materi kesebangunan sisi datar kelas IX SMPN 5 CEPU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimen. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, dan tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang posistif signifikan antara pembelajaran menggunakan media video animasi dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional / ceramah pada materi kesebangunan sisi datar kelas IX SMPN 5 CEPU, dari hasil uji menggunakan uji thitung = 8,95 dan ttabel = 2,00 karena t yaitu thitung = 8,95 dan ttabel = 2,00 karena thitung > ttabel sehingga H0 ditolak yang berarti H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan media video animasi dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi kesebangunan kelas IX di SMP Negeri 5 Cepu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:31
Last Modified: 01 Sep 2025 07:31
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item View Item