PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN EDPUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Pantin, Liselsi Dwi Shine Putria (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN EDPUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
LISELSI DWI SHINE PUTRIA P. (21310050) - Liselsi Dwi Shine Putria Pantin-1-28.pdf

Download (505kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Pantin, Liselsi Dwi Shine Putria. (2025). “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Edpuzzle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika”. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Junarti, M.Pd., Pembimbing II Anis Umi Khoirotunnisa’, M.Pd. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Edpuzzle, Pemahaman Konsep Matematis. Rendahnya pemahaman konsep siswa dalam matematika menyebabkan kesulitan dalam menyelesaikan soal dan memahami materi secara menyeluruh. Hal ini diperburuk oleh model pembelajaran di sekolah yang monoton, kurang interaktif, dan masih didominasi metode ceramah. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Edpuzzle pada materi aritmatika sosial? 2) bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi aritmatika sosial? 3) apakah terdapat perbedaan pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran CTL berbantuan Edpuzzle dengan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional pada materi aritmatika sosial? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas VII MTs Walisongo Sugihwaras sebanyak 83 siswa, dengan teknik total sampling. Sampel meliputi 43 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model CTL berbantuan Edpuzzle, dan 40 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Tes berupa 5 soal uraian yang telah diuji validitas isi, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran, serta dinyatakan layak. Analisis data menggunakan Independent Sample t-test (rumus Separated Variance) dengan uji prasyarat meliputi normalitas, homogenitas, dan keseimbangan. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 12,017 > ttabel = 2,021 dengan keputusan H₀ ditolak. Diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Edpuzzle; (2) terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa yang diterapkan model konvensional, namun hasil tersebut belum bisa mencapai tingkat pemahaman konsep yang tinggi; (3) terdapat perbedaan pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Edpuzzle dengan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional pada materi aritmatika sosial. Dalam hal ini, model CTL berbantuan Edpuzzle berpengaruh positif dari pada model konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 01 Sep 2025 08:38
Last Modified: 01 Sep 2025 08:38
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2986

Actions (login required)

View Item View Item