SARI, EINUR MAELINDA PUSPITA (2025) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MATHPOLY TERHADAP HASIL BELAJAR ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP MIGAS SENORI. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
EINUR MAELINDA PUSPITA SARI-21310011 - Ainur Maylinda-1-27.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sari, Einur Maelinda Puspita. (2025). “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Mathpoly Terhadap Hasil Belajar Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Migas Senori”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Dra. Junarti, M.Pd. Pembimbing II Anis Umi Khoirotunnisa’, S.Pd., M. Pd. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Mathpoly, Hasil Belajar, Aritmatika Sosial Pembelajaran matematika sering kali dianggap sulit dan membosankan oleh siswa, terutama pada materi Aritmatika Sosial yang membutuhkan pemahaman konsep serta penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, salah satunya disebabkan oleh model pembelajaran yang diberikan kurang bervariatif sehingga membuat siswa mudah bosan. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan model pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatifnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dipadukan dengan media Mathpoly, sebuah permainan edukatif berbasis monopoli matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Mathpoly dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dan model pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Migas Senori yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar Aritmatika Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Mathpoly dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen sebesar 80,64, sedangkan kelas kontrol sebesar 73,42. Hasil uji Paired Sample t-test mendapatkan nilai ttabel sebesar 2,012. Nilai tobs yang didapatkan pada perhitungan yaitu sebesar 3,624. Nilai tobs > ttabel dengan demikian tobs ∈ DK dapat disimpulakan bahwa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 08:47 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 08:47 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2987 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |