EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNIG (CTL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA KLENTENG KWAN SING BIO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG

Malia, Zaidatul (2025) EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNIG (CTL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA KLENTENG KWAN SING BIO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
ZAIDATUL MALIA_21310031 - Zaidatul Malia-1-28.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Malia, Zaidatul. 2025. Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Etnomatematika Klenteng Kwan Sing Bio Terhadap Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) Dwi Erna Novianti, S.Si., M.Pd dan (2) Novi Mayasari, M.Pd Kata kunci: Efektivitas, Contextual Teaching and Learning (CTL), Etnomatematika, Hasil Belajar Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soko. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keefektifan model Contextual Teaching And Learning berbasis etnomatematika Klenteng Kwan Sing Bio terhadap hasil belajar matematika bangun ruang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soko tahun pelajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A kelas kontrol dan kelas VIII B kelas eksperimen. Teknik pengambilan data ini adalah Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes hasil belajar matematika siswa berbentuk tes essay sebanyak 10 soal yang sebelumnya diuji dengan validitas isi, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan teknik uji t dengan Independen Two Sample T dengan Polled Varians dan dilakukan analisis uji prasyarat diantaranya adalah uji normalitas dengan metode Lilliefors, dan uji homogenitas dengan metode Fisher, serta uji hipotesis dengan uji t dua pihak. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh Lhitung sebesar 0,125 dan 0,119 < 0,157 (berdistribusi normal) serta f hitung = 1,784 < 1,822 (berasal dari populasi homogen) dan dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model Contextual Teaching And Learning berbasis etnomatematika Klenteng Kwan Sing Bio diperoleh thitung = 2,075 > ttabel = 1,999 dengan tingkat signifikansi 5%. Sehingga thitung ∈ DK dan keputusan uji H₀ ditolak, sehingga H₁ diterima yang berarti bahwa model Contextual Teaching And Learning berbasis etnomatematika Klenteng Kwan Sing Bio lebih efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Soko pada materi bangun ruang tahun pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 02 Sep 2025 01:24
Last Modified: 02 Sep 2025 01:24
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2988

Actions (login required)

View Item View Item