KHOLIFAH, SITI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA N 1 SOKO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
SKRIPSI SITI KHOLIFAH_ 21210041 4A - Eva Kumala-1-26.pdf Download (791kB) |
Abstract
Kholifah, Siti. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Ricosre Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA N 1 SOKO. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Ayis Crusma Fradani, M.Pd., (II) Dr. Ahmad Kholiqul Amin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : RICOSRE, Hasil belajar, Pelajaran ekonomi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ricosre terhadap hasil belajar siswa pelajaran ekonomi kelas XI SMA N 1 Soko. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-F7 dengan jumlah 36 siswa. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode pretest dan posttest sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan antara nilai sebelum dan sesudah penerapan model RICOSRE. Model ini mendorong siswa untuk aktif membaca, mengidentifikasi masalah, menyusun solusi, dan merefleksi proses pembelajaran, sehingga meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis. Penerapan RICOSRE juga terbukti meningkatkan partisipasi dan rasa percaya diri siswa selama proses belajar. Hasil penelitian ini diperkuat oleh studi sebelumnya yang menunjukkan efektivitas model RICOSRE dalam meningkatkan capaian belajar. Dengan demikian, model pembelajaran RICOSRE dapat dijadikan alternatif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan bermakna di kelas. Berdasarkan hasil perhitungan analisis uji hipotesis yang sudah dilakukan bahwa nilai thitung > ttabel dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap hasil belajar siswa pelajaran ekonomi kelas XI SMA N 1 Soko.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 04:12 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 04:12 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |