Sari, Puji Yulia (2025) PENGARUH MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA MUHAMMADIYAH RANDUBLATUNG TAHUN AJARAN 2024/2025. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
PUJI YULIA SARI_21210091 - Puji yulia Sari-1-32.pdf Download (614kB) |
Abstract
Sari, Puji Yulia. 2025. Pengaruh Model Time Games Tournament (TGT) Berbantu Media Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Muhammadiyah Randublatung Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Rika Pristian Fitri Astuti, M. Pd. Pembimbing (II) Dian Ratna Puspananda, M. Pd. Kata Kunci: Team Games Tournament, Kahoot, Hasil Belajar. Maksud dilakukan penelitian ini ialah guna menelaah pengaruh pengaplikasian model Team Games Tournament (TGT) yang berbantukan media Kahoot terhadap tingkat hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi, khususnya topik uang, lebaga keuangan, pasar modal, serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pada penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif menggunakan rancangan satu kelompok uji awal (pretest) kemudian uji akhir (posttest) dan mengikut sertakan 35 siswa dari kelas X-2 di SMA Muhammadiyah Randublatung, Blora. Teknik pengambilan data dilaksanakan melalui tes, wawancara, serta dokumentasi. Metode pengambilan sampel non-probabiliti yaitu purposive sampling. Berlandaskan kesimpulan penelitian ini, teridentifikasi terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa sesudah diaplikasikan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) yang berbantukan media Kahoot. Dilihat dari hasil pengolahan data, didapatkan nilai T hitung setinggi 35,346 > dari pada T tabel setinggi 2,032 dengan taraf nilai Signifikan 0,000 < 5% atau 0,05, yang mengindikasikan bahwa model Team Games Tournament (TGT) berbantukan media Kahoot memberikan pengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan hal tersebut, model ini efektif digunakan sebagai pendekan model pembelajaran yang inovatif, interaktif, menyenangkan di kelas dan berpeluang untuk pendidik sebagai referensi pada kegiatan belajar-mengajar untuk menciptakan pembelajaran yang maksimal sehingg hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 06:14 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 06:14 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |