PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA KATOLIK BOJONEGORO

PATUR, SATIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA KATOLIK BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SATIA PATUR-1-22.pdf

Download (417kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Patur, Satia, 2025. Pengaruh Model Pembelajar Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Katilik Bojonegoro. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Dan Fakulitas Ilmu Pengetehuan Sosial. IKIP PGRI BOJONEGORO, Pembimbing [1] Rika Pristian Fitri Astuti, M. Pd. [11] Dian Ratna Puspananda, M. Pd. Kata Kunci; Model Pembelajaran Kolaboratif, Hasil Belajar, Ekonomi, Siswa SMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Katolik Bojonegoro. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya inovasi metode pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman dan partisipasi aktif siswa di kelas. Model pembelajaran kolaboratif dipilih karena diyakini mampu mendorong interaksi antar siswa, meningkatkan keterlibatan belajar, serta memperkuat pemahaman materi melalui diskusi dan kerja sama kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental bentuk one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas Xl di SMA Katolik Bojonegoro yang berjumlah 19 siswa kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest). Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji t (paired sample t-test) untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kolaboratif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kolaboratif. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest yang lebih tinggi dibandingkan pretest, serta nilai signifikansi < 0,05 pada uji t. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 02 Sep 2025 06:42
Last Modified: 02 Sep 2025 06:42
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3003

Actions (login required)

View Item View Item