MASHURI, ALI (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECTBASED LEARNING ( PjBL ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP AL-KYAI SITIAJI SUKOSEWU BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Ali Mashuri-1-25.pdf Download (822kB) |
Abstract
Mashuri, Ali. 2025. Implementasi Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Al-Kyai Sitiaji Sukosewu Bojonegoro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I : Dr. Taufiq Hidayat, M.Pd, Pembimbing II : Ali Noeruddin, S. Si., M.Pd. Kata kunci : Project-Based Learning, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Penelitian Tindakan Kelas Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VII SMP Al-Kyai Sitiaji, Sukosewu, yang masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), disertai dengan pembelajaran yang cenderung monoton sehingga membuat siswa pasif dan kurang terlibat aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Project-Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus tindakan dengan subjek penelitian siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar, serta dokumentasi, kemudian dianalisis dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang semula berada di bawah KKM menjadi tuntas 100% dengan kategori sangat baik. Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan ke kategori baik hingga baik sekali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Project-Based Learning efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran inovatif yang kontekstual, menarik, serta membangun keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan tanggung jawab siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 04:23 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 04:23 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3007 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |