RAMADHANI, MOCH. RISKI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA POSTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PENAWARAN DAN PERMINTAAN SISWA KELAS VII SMPN 4 BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
MOCH RISKI RAMADHANI_21210025_122037 - Moch Riski Ramadhani-1-24.pdf Download (416kB) |
Abstract
Ramadhani, Moch. Riski. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Media Poster Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips Pokok Bahasan Penawaran Dan Permintaan Siswa Kelas VII SMPN 4 Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Dosen Pembimbing (I) Dr. Fruri Stevani, M.Pd. (II) Drs. Sujiran, M.Pd. Kata kunci: Discovery Learning, Media Poster, Prestasi Belajar, IPS, Penawaran dan Permintaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantu media poster terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 4 Bojonegoro pada materi pokok penawaran dan permintaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang bersifat monoton serta minimnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Model pembelajaran Discovery Learning dengan media poster dirancang untuk mendorong aktivitas belajar, pemahaman konsep ekonomi yang abstrak, serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Bojonegoro, dengan sampel siswa kelas VII yang berjumlah 35 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji normalitas dan paired sample t-test dengan bantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 64,43 dan rata-rata nilai posttest sebesar 83,71. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung sebesar 13,946 dan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Nilai effect size berdasarkan Cohen’s d sebesar 1,28 yang termasuk dalam kategori efek sangat besar. Dengan demikian, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan model Discovery Learning berbantu media poster terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 08:38 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 08:38 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |