Putri, Rizka Amalia (2025) ANALISIS NILAI – NILAI SOSIAL DALAM NOVEL BILA ESOK IBU TIADA KARYA NUY NAGIGA SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
RIZKA AMALIA PUTRI_21110081 - Rizka AP-1-27.pdf Download (785kB) |
Abstract
Amalia, R. (2025). Analisis Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Bila Esok Ibu Telah Tiada Karya Nuy Nagiga. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. (1) Abdul Ghoni Asror,S.Pd M.Pd. (2) Okta Ika Rahmawati, M.Pd. Kata kunci—Analisis novel, nilai sosial, pembelajaran di SMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terkandung dalam novel Bila Esok Ibu Tiada karya Nuy Nagiga, serta relevansinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya karya sastra, khususnya novel, sebagai cerminan kehidupan sosial yang mampu menyampaikan pesan moral dan membentuk karakter pembaca. Nilai-nilai sosial dalam novel dianggap dapat menjadi bahan ajar yang tidak hanya memperkaya literasi siswa, tetapi juga menanamkan kepekaan sosial dan empati dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, dokumentasi, serta analisis isi terhadap novel. Sumber data utama berasal dari novel Bila Esok Ibu Tiada, sedangkan data pendukung diperoleh dari buku teori, jurnal, dan artikel terkait. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi teori dan sumber. Penelitian ini dilakukan secara mandiri, tanpa batasan tempat dan waktu, karena data bersifat dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Bila Esok Ibu Tiada terdapat tiga kelompok nilai sosial utama, yaitu cinta dan kasih sayang (love), tanggung jawab (responsibility), dan keserasian hidup (life harmony), dengan total 89 kutipan sebagai data pendukung. Nilai-nilai tersebut muncul dalam bentuk pengabdian, tolong-menolong, empati, keadilan, dan kerja sama antar tokoh dalam cerita. Selain menyentuh sisi emosional pembaca, nilai-nilai ini sangat relevan untuk dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, khususnya pada kompetensi dasar yang berkaitan dengan analisis nilai-nilai dalam teks sastra. Novel ini dapat menjadi media yang efektif dalam menanamkan karakter positif dan membangun empati sosial pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 04:27 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 04:27 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |