Sabela, Arya (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN QUIZIZZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS X SMK AL-KYAI SUKOSEWU. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Arya sabela-1-32.pdf Download (370kB) |
Abstract
Sabela, A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Berbantuan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Siswa Kelas X SMK Al-Kyai Sukosewu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Rika Pristian Fitri Astuti, M.Pd., Pembimbing II Dian Ratna Puspananda, M.Pd. Kata kunci: Teams Games Tournament, Quizizz, hasil belajar, model kooperatif, IPS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Al-Kyai Sukosewu pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berdasarkan rendahnya minat dan hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh penggunaan metode ceramah yang kurang melibatkan partisipasi aktif siswa, berakibat terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (quasi eksperiment one group pre-test post-test design), seluruh populasi sebanyak 30 siswa dijadikan sampel penelitian tanpa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif berjumlah 20 butir soal pilihan ganda. Dilakukan uji validitas terhadap instrumen dengan metode Pearson Product Moment yang menunjukkan seluruh butir soal valid dengan korelasi antara 0,495 hingga 0,928 serta nilai signifikansi < 0,05. Uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 menghasilkan nilai sebesar 0,946, tergolong reliabel. Tingkat kesukaran soal berada dalam rentang sedang (0,57–0,70), menunjukkan proporsionalitas antara soal mudah dan sulit. Daya pembeda soal sangat baik, dengan indeks soal > 0,44, menandakan kemampuan soal dalam membedakan siswa berkemampuan tinggi dan rendah. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Shapiro-Wilk yang menunjukkan data pre-test (Sig. = 0,066) dan post-test (Sig. = 0,498) berdistribusi normal. Hasil analisis paired sample t-test menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 12,5 poin antara nilai pre-test terendah 35 dan tertinggi 85 dengan nilai post-test terendah 40 dan tertinggi 95, nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), menandakan pengaruh signifikan dari perlakuan model Teams Games Tournaments (TGT) berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini membuktikan integrasi antara model pembelajaran kooperatif dan media digital interaktif mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, partisipatif, berdampak positif terhadap pencapaian kognitif siswa dalam pembelajaran IPS. Penerapan model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:43 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:43 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3023 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |