PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI di SMA NEGERI 1 KEDUNGADEM

AVIKA, RISNA NUR (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI di SMA NEGERI 1 KEDUNGADEM. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Risna Nur Avika 21210034 - Risn Avika-1-27.pdf

Download (711kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Avika Risna,2025. Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 1 Kedungadem. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Rika Pristian Puji Astuti, M.Pd., (2) Dian Ratna Puspananda, M.Pd. Kata Kunci: Index Card Match, Hasil Belajar, Ekonomi, Pembelajaran Aktif Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Kedungadem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI di sekolah tersebut, dengan sampel yang dipilih yaitu kelas XI-6 sebanyak 36 siswa menggunakan teknik probability sampling. Data dikumpulkan melalui beberapa metode, yaitu observasi, pemberian tes (pretest dan posttest), serta dokumentasi. Teknik analisis data mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan uji-t dengan menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari pretest sebesar 63,00 menjadi 87,22 pada posttest. Selain itu, hasil uji-t mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai sebelum dan sesudah diterapkannya model Index Card Match. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa, khususnya dalam meningkatkan partisipasi aktif serta pemahaman mereka selama proses belajar berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:22
Last Modified: 04 Sep 2025 08:22
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3024

Actions (login required)

View Item View Item