Prasetyo, Agung Adi (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMPN 4 BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
AGUNG ADI PRASETYO 21210001 - riska ramadhana-1-27.pdf Download (706kB) |
Abstract
Agung Adi Prasetyo (2025). Pengaruh Pembelajaran Model Guided Inquiry Berbantuan Pictorial Riddle Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMPN 4 Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Ayis Crusma Fradani, M.Pd. dan Pembimbing (2) Dr. Ahmad Kholiqul Amin S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Guided Inquiry, Pictorial Riddle, Prestasi Belajar, IPS, SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan media Pictorial Riddle terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VII di SMPN 4 Bojonegoro. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS, yang ditengarai oleh kurangnya minat dan motivasi belajar serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian Pre-eksperimental design dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 35 siswa, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes prestasi belajar berupa pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji Paired Sample t-Test untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan serta Cohen’s d untuk mengetahui besar pengaruh. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada nilai posttest dibandingkan dengan pretest, dengan nilai signifikansi < 0,05 dan nilai Cohen’s d yang menunjukkan efek sangat besar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan media Pictorial Riddle berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar IPS siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode tersebut sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dan menarik, khususnya dalam pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:03 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:03 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |