ENVIANA, TIARA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMAN 1 KEDUNGADEM TAHUN AJARAN 2024/2025. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
TIARA ENVIANA_NIM 21210084 - Tiara Enviana-1-25.pdf Download (305kB) |
Abstract
Tiara Enviana (2025), Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMAN 1 Kedungadem Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP Bojonegoro, Tahun 2024/2025. Pembimbing I Nur Rohman, M.Pd., Pembimbing II Ali Muhajidin, S.Pd., M.M. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Ekonomi dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. PBL bukan hanya berfokus pada pemahaman konsep teori, tetapi juga menekankan pada penerapan pengetahuan dalam menyelesaikan masalah nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kedungadem. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu kelas XI SMAN 1 Kedungadem khususnya kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-3 sebagai kelas kontrol. Validasi dalam penelitian ini meliputi validitas instrumen, reliabilitas instrumen, daya pembeda, dan indeks kesukaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t tes dengan bantuan aplikasi SPSS 27. Hasil dari penelitian ini adalah nilai signifikasi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMAN 1 Kedungadem. Kata Kunci: Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:41 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:41 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |