ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (STUDI KASUS DI UPT SMP NEGERI 1 PARENGAN)

Safitri, Juwanita Aprilliya (2025) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (STUDI KASUS DI UPT SMP NEGERI 1 PARENGAN). Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
JUWANITA APRILLIYA SAFITRI - Ratu Justice-1-25.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Juwanita Aprilliya Safitri. 2025. “Analisis Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa pada Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Studi Kasus di UPT SMP Negeri 1 Parengan”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Cahyo Hasanudin, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Sutrimah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: kemampuan menulis, teks eksplanasi, Project Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa yang diterapkan dalam model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PjBL dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyusun teks eksplanasi, dengan fokus pada pengorganisasian ide yang lebih baik, penggunaan bahasa yang tepat, serta pemahaman yang mendalam terhadap topik yang dibahas. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa PjBL efektif dalam membantu siswa mengembangkan kemampuan menulis mereka secara lebih terstruktur dan jelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus untuk mengevaluasi kemampuan menulis teks eksplanasi siswa yang diterapkan dalam model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan tes. Analisis dilakukan dengan cara mengidentifikasi elemen-elemen penting dalam teks eksplanasi seperti struktur teks eksplanasi dan pengembangan ide, serta menilai sejauh mana model PjBL berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menyusun teks yang jelas, logis, dan informatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa 83% dari 30 siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Project Based Learning (PjBL) mencapai kategori "sangat mampu" dalam kemampuan menulis teks eksplanasi. Siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam menulis teks eksplanasi dan penggunaan bahasa yang tepat. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa, dengan sebagian besar siswa mampu menyusun teks yang terstruktur dengan jelas dan mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:48
Last Modified: 08 Sep 2025 04:48
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3039

Actions (login required)

View Item View Item