STUDENTS' PERCEPTION OF USING PODCASTS IN LISTENING COURSE AT IKIP PGRI BOJONEGORO

Setyowati, Sela Putri (2025) STUDENTS' PERCEPTION OF USING PODCASTS IN LISTENING COURSE AT IKIP PGRI BOJONEGORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
sela putri setyowati_21120082 - Sela Putri-1-25.pdf

Download (906kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Setyowati, Sela Putri (2025). Students' Perception of the Influence of Using Podcasts on Listening Ability in IKIP PGRI Bojonegoro. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Fitri Nurdianingsih, M.Pd, (II) Dr. Refi Ranto Rozak, M.Pd. Kata Kunci: Kosakata, Persepsi Mahasiswa, X, Media Sosial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di IKIP PGRI Bojonegoro terhadap penggunaan podcast dalam meningkatkan keterampilan menyimak (listening). Selain itu, penelitian ini juga mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi persepsi mahasiswa dalam penggunaan podcast sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah Extensive Listening. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket berskala Likert dan wawancara mendalam. Sebanyak 23 mahasiswa semester pertama terlibat sebagai responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap penggunaan podcast sebagai media untuk meningkatkan keterampilan menyimak. Mahasiswa merasa bahwa podcast membantu mereka memahami materi berbahasa Inggris secara lebih efektif, meningkatkan motivasi belajar, serta memperkaya pengalaman menyimak melalui paparan aksen penutur asli dan kosakata yang autentik. Fitur seperti pengulangan, intonasi, kecepatan bicara, serta penggunaan bahasa informal dinilai sangat membantu dalam memahami percakapan sehari-hari. Faktor-faktor yang memengaruhi persepsi mahasiswa meliputi kesesuaian topik podcast dengan minat pribadi, kualitas audio, ketersediaan perangkat dan koneksi internet, serta motivasi belajar individu. Meskipun beberapa faktor seperti preferensi belajar individu dan motivasi menunjukkan keragaman respons, secara umum, podcast dinilai sebagai media pembelajaran yang fleksibel, menarik, dan efektif untuk mendukung pengembangan keterampilan menyimak bahasa Inggris di tingkat pemula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 08 Sep 2025 05:18
Last Modified: 08 Sep 2025 05:18
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3041

Actions (login required)

View Item View Item