TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM PERCAKAPAN ANTARA GURU DAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK HIMUBA BALEN SOBONTORO

Nuswantari, Ervita (2025) TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM PERCAKAPAN ANTARA GURU DAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK HIMUBA BALEN SOBONTORO. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
ERVITA_lembar skripsi baru_ervita_060825 new - Ervita Nuswantari-1-24.pdf

Download (642kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Nuswantari, Ervita. 2025. Tindak Tutur Ilokusi Dalam Percakapan Antara Guru dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Himuba Balen Sobontoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa Dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Abdul Ghoni Asror, S.Pd, M.Pd., Pembimbing (II) Oktha Ika Rahmawati, M.Pd. Kata Kunci: Pragmatik, Percakapan, Pembelajaran, Tindak Tutur. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan (1) tindak tutur Ilokusi yang digunakan dalam percakapan Guru dan Siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMK Himuba Balen Sobontoro dan (2) maksud yang terkandung di balik percakapan Guru dan Siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak, rekam dan catat. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif dari Miles dan Huberman (1994). Teknis Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Penelitian ini dilakukan dengan memilah-milah percakapan yang terdapat dalam percakapan Antara Guru dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Himuba Balen Sobontoro yang mengandung makna Ilokusi Asertif, Direktif, Komisif, Ekspresif, dan Deklaratif. Kemudian menganalisisnya dengan menggunakaan teori John R. Searle, lalu menyimpulkan dan mencari relevansinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK. Teknik validasi data yang digunakan adalah Teknik triangulasi metode. Adapun hasil penelitian ini ditemukan 53 data tindak tutur ilokusi percakapan antara guru dan siswa di SMK. Penemuan terdiri dari : (1) tindak tutur ilokusi asertif sebanyak 25, (2) data tuturan, direktif sebanyak 13, (3) tuturan ekspresif sebanyak 8, (4) tuturan, komisif sebanyak 4, (5) tuturan dan deklaratif sebanyak 3 tuturan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 11 Sep 2025 07:35
Last Modified: 11 Sep 2025 07:35
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3095

Actions (login required)

View Item View Item